Belajar SEO untuk Pemula (Update 2021)

Belajar SEO itu susah, repot dan selalu berubah terus setiap tahun. Kata-kata tersebut yang biasanya pertama kali keluar dari pikiran ketika belum mengenal SEO. 

Kenyataannya SEO tidak sesulit yang dibayangkan, walaupun SEO selalu berubah namun dasar-dasarnya tetap sama. 

Kabar baiknya karena banyak yang tidak mengerti SEO maka apabila Anda menerapkan SEO yang paling mendasar saja maka Anda sudah lebih baik dari kebanyakan orang. 

Untuk itu mari kita mengenal lebih jauh tentang SEO ini. 

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” yaitu cara mengoptimalkan website secara terus menerus sehingga mendapatkan peringkat di halaman pertama pada hasil pencarian Google. 

Berikut beberapa benefit yang bisa di dapatkan: 

  1. Trafik SEO gratis
  2. Trafik SEO konsisten 
  3. Trafik SEO dapat menjangkau para pengguna.

Dengan SEO kita bisa mendapatkan pengunjung tanpa perlu melakukan iklan secara terus menerus. Banyak dari kita mengenalnya dengan istilah trafik organik

Untuk mendapatkan trafik organik ini kita perlu memahami bagaimana cara Google menilai dan memberikan peringkat di hasil pencarian.

Kenapa perlu belajar SEO? Pentingnya untuk website?  

Saya akan memberikan 2 data untuk meyakinkan Anda pentingnya membuat website yang teroptimasi SEO. 

Tahukah Anda bahwa pencarian di Google seharinya menurut Internet Live Stats mencapai 5 miliar pencarian per hari. Sedangkan menurut Global Stat Counter, Google menguasai 92% pangsa pasar mesin pencari. 

Begitu besarnya potensi yang bisa didapatkan apabila kita memanfaatkan SEO dengan benar. Karena Google menguasai sebagian besar pangsa pasar, maka kita fokus optimasi SEO pada algoritma Google.

Riset kata kunci (keyword research) untuk SEO

Kita tahu tujuan utama mesin pencari adalah memberikan konten yang relevan ke pengguna berdasarkan kata kunci (keyword) yang mereka tulis di kotak pencarian.

Karena itu riset kata kunci menjadi prioritas utama dalam SEO. Ketika kita mengoptimasi atau membuat konten berdasarkan kata kunci tersebut maka kita punya potensi lebih besar untuk peringkat yang lebih baik.

 

Core Web Vital: 3 algoritma utama Google 2021

Pada bulan Mei, Google mengumumkan akan melakukan perubahan algoritma dalam menentukan peringkat yang kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2021. Kali ini fokus utamanya pada peningkatan pengalaman pengguna (Page Experience) saat mengunjungi website.   

Faktor utama peningkatan pengalaman pengguna, meliputi:

  1. Kecepatan akses (page loading speed)
  2. Interaktif (interactivity)
  3. Tampilan yang stabil (visual stability)
  4. Mobile-friendly: halaman dioptimalkan untuk penelusuran menggunakan seluler. 
  5. Safe-browsing: halaman tidak berisi konten yang tidak relevan atau mengandung software yang berbahaya. 
  6. HTTPS: website anda menggunakan https. 
  7. No intrusives: tidak berisi iklan yang muncul memenuhi halaman utama yang mengganggu kenyamanan pengguna
Core Web Vitals algoritma 2021

1. Loading: Largest Contentful Paint (LCP)

LCP mengukur berapa lama halaman akan tampil di layar pengguna. Website Anda harus menampilkan layar pertama utama dalam 2,5 detik. 

Tampilan halaman selalu bertahap dari tampilan layar utama (paling atas) kemudian elemen selanjutnya (elemen yang di scroll). Bagian atas atau tampilan layar utama itulah LCP Anda. 

LCP cepat berarti peringkat di Google lebih baik daripada LCP lambat. Pastikan kecepatan website dapat di load kurang dari 2,5 detik.

Largest Contentful Paint

2. Interactivity: First Input Delay (FID)

FID adalah waktu yang diperlukan saat Anda mengklik sesuatu seperti tautan atau tombol, dan berapa waktu yang dibutuhkan browser merespons dan mulai memprosesnya.

Video berikut dapat membantu untuk lebih mengerti apa maksud dari interaktif tersebut.

Referensi untuk FID yang baik sebagai berikut.

First Input Delay

3. Visual Stability: Cumulative Layout Shift (CLS)

CLS mengacu pada berapa banyak terjadi perubahan tampilan. Sederhana begini, apakah Anda pernah mengunjungi website pada saat mau klik sesuatu tiba-tiba berubah atau muncul pop-up yang menyebabkan Anda salah klik. 

Seperti gambar berikut yang awalnya tulisan, tiba-tiba muncul button. Inilah contoh yang menggangu kenyamanan pengguna. Sehingga Google memberikan perhatian lebih terhadap masalah ini. 

Masalah CLS - perubahan tampilan

Semua algoritma baru ini menurut saya memang penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna namun konten bagus dan relevan tetap yang paling penting. Ketika user mencari McDonald tentu Google tidak akan memberikan hasil KFC kan, walaupun mungkin McDonald mempunyai halaman yang lambat.

Tips: Tools untuk melakukan pengecekan website yang biasa saya gunakan dari Google web.dev atau GTmetrix

Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO On Page merupakan optimasi pada website itu sendiri. Optimasi ini dapat berupa optimasi dalam penulisan konten, konfigurasi dasar website, theme dan juga plugin.

Promosi Konten

Konten yang bagus merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu website. Namun konten tersebut perlu dipromosikan untuk mendapatkan pengunjung. 

Coba bayangkan Anda sudah membuat konten yang bagus tapi tidak ada yang baca?

Sayang sekali bukan?

Itu sebabnya kita perlu meluangkan waktu untuk mempromosikan konten.

Artikel saya untuk membantu mempelajari lebih lanjut:

List Building: Panduan Lengkap

Cara Pasang iklan di Google Ads

2 Tools untuk audit dan pantau kinerja SEO

Anda tidak dapat meningkatkan apa yang Anda tidak ukur. Karena itu pastikan Anda memantau kinerja SEO yang sudah dilakukan.

Lakukan Audit website untuk mengetahui apabila ada permasalahan. Google memberikan tools gratis untuk memantau kinerja SEO.

1. Google Analytics  

Google Analytics memberikan laporan tentang trafik organik, demografi, usia pengguna, perangkat yang digunakan dan lainnya.

2. Google Search Console

Google Search Console memberikan info mengenai banyaknya impresi, klik, rata-rata CTR, rata-rata posisi. Kata kunci apa saja yang pengguna gunakan sehingga menemukan konten Anda. 

Artikel untuk membantu mempelajari lebih lanjut:

Cara Menggunakan Google Analytics

Cara Menggunakan Google Search Console

Penutup

SEO membutuhkan waktu agar apa yang sudah Anda kerjakan dapat terlihat hasilnya. Namun dalam jangka panjang SEO tetap menjadi yang paling efektif untuk mendatangkan trafik. 

Seiring berjalannya waktu otoritas domain akan semakin meningkat, peringkat konten juga semakin baik di Google SERP, otomatis trafik juga meningkat.