Cara menggunakan Google Trends (2020)

Banyak dari para blogger yang fokus pada riset keyword namun tidak melihat tren yang sedang berlangsung. Google Trends dapat membantu dalam mencari tren yang sedang terjadi sehingga kita dapat membuat konten yang sesuai.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara menggunakan Google Trends untuk SEO.

Google Trends adalah salah satu tool gratis dari Google yang berguna untuk melakukan riset kata kunci dan juga untuk mengetahui topik apa yang sedang banyak dicari. Google Trends dapat menampilkan perbandingan antara keyword satu dengan lainnya sampai dengan lima keyword.

Masukkan keyword beserta negara yang ingin Anda ketahui popularitasnya… 

Cara menggunakan Google Trends

Seperti yang kita lihat terjadi lonjakan pencarian mulai dari pertengahan Januari dan terjadi penurunan dan kemudian terjadi lonjakan kembali dan mencapai puncaknya di bulan Mei dan akhirnya turun kembali di bulan Juni. 

Apa kegunaan dari informasi ini? Pada bulan Maret Anda dapat membuat konten yang teroptimasi dengan informasi tersebut karena banyak orang yang sedang mencarinya. 

Kalau Anda hanya menggunakan Keyword Research tool saja misalkan Google Keyword Planner informasi yang ada hanya estimasi volume pencarian bulanan. Tidak menunjukkan tren yang sedang terjadi. 

Coba bayangkan apabila Anda membuat konten tersebut di bulan Juli di mana trend sudah dalam tahap menurun. Dengan Google Trends Anda dapat menghindari hal ini.

Tips: Gunakan rentang waktu yang berbeda untuk melihat tren secara keseluruhan.

Kita juga dapat melihat apakah suatu keyword berupa kata-kata musiman atau dengan kata lain tren hanya terjadi pada bulan tertentu saja. 

Sebagai contoh saya memasukkan kata “merdeka”, kalau kita lihat dalam 12 bulan terakhir kata terlihat sedang tren dan mendapat volume pencarian yang tinggi.

google trends 12 bulan

Namun ketika kita ganti rentang waktu menjadi 5 tahun, disini terlihat bahwa kata “merdeka” hanya populer di bulan Agustus saja.

google trends 5 tahun

Tips: Untuk keyword musiman, berdasarkan data yang didapatkan Anda dapat melakukan promosi pada saat tren mulai naik. Anda juga dapat mempersiapkan dan merencanakan konten yang relevan mungkin beberapa minggu sebelum tren terbentuk.

Contoh lain misalnya untuk mengetahui tren di Indonesia, Anda juga bisa ganti ke negara lain ataupun tren di dunia. Opsi lainnya adalah tren harian atau pencarian yang meningkat dalam 24 jam terakhir. 

tren harian

Google Trends tidak terbatas pada pencarian web saja, Anda juga dapat mencari yang sedang tren di YouTube dan juga lainnya seperti terlihat pada gambar di bawah. 

Tren pencarian web, gambar, berita, youtube

Fitur yang sangat berguna dari Google Trends berikutnya adalah untuk mencari topik dan pertanyaan yang sedang populer. 

Berikut hasil topik yang berhubungan pada saat saya memasukkan kata “bubur ayam”.

topik lainnya

Mungkin akan terlihat aneh, kenapa kata kunci “bubur ayam” tapi topik yang keluar ketoprak dan kerak telor? Ini sebenarnya Google Trends ingin memberi tahu bahwa orang yang mencari “bubur ayam” juga mencari topik lain seperti ketoprak. 

Kalau Anda perhatikan di sana juga ada tertulis “Breakout”. Menurut Google, apabila pertumbuhan topik tersebut lebih dari 5000% maka akan ditandai sebagai “Breakout”.

Berikut hasil kueri yang berhubungan pada saat saya memasukkan kata “bubur ayam”.

topik yang berhubungan

Perlu diingat bahwa hasil pencarian ini bukan menunjukkan sembarang kata-kata, tetapi kata-kata yang sedang populer atau banyak dicari. 

Tips: Anda bisa gunakan Keyword Planner untuk mendapatkan volume pencarian bulanan dengan memasukkan keyword yang sedang tren tersebut.

Analisa dimana sebaiknya menjual produk atau jasa

Sebelumnya saya memasukkan kata “bakmi ayam”, berikut hasilnya.

google trends kota

Analisa ini dapat membantu menjawab di kota mana saya perlu menjual produk atau jasa saya?

Tips: Anda dapat melakukan promosi atau iklan berdasarkan kota tersebut.

Selain Google Trends, Anda dapat melakukan analisa pada Google Analytics. Google Analytics memberikan laporan pengunjung terbanyak saat ini dari kota apa?

Kesimpulan

Google Trends sangat membantu untuk mengetahui tren yang sedang berlangsung. Seperti yang kita lihat tool ini selain dapat membantu dalam mencari kata kunci yang sedang tren, dapat juga untuk mengetahui topik lain yang relevan.

Tool ini dapat digunakan sebagai tambahan dalam strategi SEO Anda.