Apa itu Lead Magnet: 9 Contoh Lead Magnet Yang Populer

Apakah lead magnet masih efektif? Kenapa Anda memerlukan lead magnet

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan apa itu lead magnet beserta manfaatnya. Saya juga menyertakan contoh-contoh lead magnet yang paling populer. 

Apa itu Lead Magnet?

Lead Magnet adalah hadiah yang Anda tawarkan kepada audiens Anda sebagai imbalan atas informasi kontak mereka. Kontak yang didapat umumnya berupa nama dan email. Cara ini sangat efektif karena orang suka mendapatkan barang gratis. 

Mengumpulkan kontak email ini sering juga disebut List Building.

Contoh lead magnet …

Halaman Utama Website Daudwihardi

Saya memberikan tips kepada Audiens yang menjadi peserta buletin. Yang perlu mereka lakukan hanya memasukkan email mereka untuk mendaftar.

Apa Manfaat Lead Magnet?

Manfaat utama dari Lead Magnet adalah membangun daftar atau database email. Audiens yang ada di dalam database ini tertarik dengan konten yang ingin Anda sampaikan. 

Kenapa?

Karena mereka dengan suka rela memberikan kontak mereka untuk mendapatkan konten lebih lagi dari Anda. Oleh karena itu gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menjalin relasi, membangun otoritas dan mendapatkan kepercayaan audiens.

9 Contoh Lead Magnet Yang Populer

1. Ebook

Dimasa yang serba digital ini ebook menjadi salah satu lead magnet yang sangat populer. Anda juga tidak perlu repot membuat ebook ini dari nol. Anda dapat menggunakan konten yang diperbaharui, atau menggabungkan konten yang ada. 

Ide lainnya, Anda membuat ebook berdasarkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh audiens. Yang terpenting adalah ebook ini memberikan manfaat yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. 

Ebook tidak harus panjang seperti buku konvensional. Isi ebook hanya memuat 1 topik. Ada beberapa penulis membuat ebook dengan 10-15 halaman. 

2. Video 

Saat ini ada lebih dari 2 miliar orang yang melihat YouTube per harinya. Atau dengan kata lain hampir sepertiga pengguna internet. 

Video mungkin awalnya lebih sulit dibuat jika dibandingkan dengan ebook. Selain itu membuat video pasti memerlukan waktu yang lebih lama. 

Namun pertumbuhan konten video masih terus berlanjut. Anda bisa lihat TikTok, IG Reels dan lainnya yang mendukung format video. 

Konten video bisa berupa format pelatihan yang berseri. Poin utama adalah memberikan video yang mengedukasi. 

3. Template

Template ini bisa berbagai macam: presentasi, dokumen, spreadsheet dan lainnya. Semua jenis dokumen yang menyediakan kerangka ataupun draft.

Template ini membantu audiens Anda menyelesaikan problem mereka. Template ini bisa juga membantu audiens agar tidak mulai dari nol. 

Dokumen yang siap diunduh dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

4. Webinar

Webinar atau web seminar atau seminar online sangat populer belakangan ini. Mengadakan webinar dengan topik yang sedang populer dapat menarik banyak audiens. 

Anda bisa mengajak influencer untuk menjadi pembicara untuk menarik lebih banyak orang. Berikan berbagai tips yang berguna kepada audiens Anda. 

Pastikan webinar tersebut di rekam, karena rekaman juga dapat digunakan sebagai lead magnet. 

Sehingga Anda bisa mendapatkan database sebelum webinar dan setelah webinar. Menarik kan? 

5. Free Trial

Banyak perusahaan software yang menggunakan free trial sebagai lead magnet. Tapi sebenernya free trial tidak selalu berhubungan dengan software.

Anda sudah bisa menebak apakah itu? 

Iya, salah satunya adalah Netflix. Layanan video streaming ini menawarkan masa percobaan gratis selama 30 hari. 

homepage netflix

Sudah kepikiran contoh lainnya? 

Benar, contoh lainnya adalah Audible dari Amazon. 

Audible adalah layanan buku audio dari Amazon, menawarkan berbagai pilihan judul terbesar di dunia. Anda mendapatkan 30 hari secara gratis untuk berbagai judul pilihan. 

homepage audible

6. Kupon Diskon

Siapa yang tidak mau diskon? Saya yakin semua mau kupon diskon termasuk saya. 

Kupon diskon menjadi hal yang sangat menarik ketika berbelanja online maupun offline. Tambahkan kata terbatas untuk menambahkan urgensi dan memotivasi pelanggan. 

7. Panduan Berseri

Tentukan topik yang memberikan manfaat untuk audiens. Kemudian pecah topik tersebut menjadi beberapa bagian. 

Keuntungan panduan berseri membuat audiens penasaran dengan seri-seri selanjutnya. Sehingga mereka berkunjung kembali ke website. 

Pastikan link panduan tersebut Anda kirimkan melalui email. Sehingga Anda mendapatkan trafik dari audiens yang kembali membuka website Anda melalui email.

lead magnet - panduan berseri

Tentu Anda bisa juga membuat seri panduan ini menggunakan email bukan berupa konten di website. Untuk mengirimkan email panduan berseri ini secara otomatis Anda membutuhkan email provider seperti ConvertKit.

 8. Checklists atau ToDo

Todo dan checklists termasuk lead magnet yang populer. Alasannya sederhana, biasanya checklist ini membantu mengingatkan apa yang perlu dilakukan. 

Misalkan lead magnet “Checklist SEO On Page Terlengkap”. Biasa checklist ini isinya berupa 1 lembar halaman, bisa juga berupa tips.  

Checklist biasanya merupakan daftar tugas yang perlu diselesaikan audiens Anda untuk mencapai tujuan mereka. 

9. Infografis

Seperti kata pepatah “Sebuah gambar memiliki arti seribu kata”. Mari kita lihat beberapa statistik menarik yang dikumpulkan Visme

  • Warna dalam visual meningkatkan perhatian sebesar 82%.
  • Pesan berwarna 39% lebih mungkin diingat daripada pesan hitam putih.
  • 65% orang lebih ingat informasi yang berupa visual. 
  • Visual meningkatkan pembelajaran dan retensi informasi sebesar 78%.

Sudah tidak diragukan lagi pentingnya informasi berupa gambar. Sehingga infografis menjadi salah satu kandidat lead magnet yang menarik. 

Penutup

Anda sudah punya 9 contoh lead magnet yang populer dan sering dipakai. Anda dapat membuat beberapa lead magnet dan mencobanya. 

Lihat lead magnet mana yang lebih tinggi konversinya. 

Bagaimana, sudah mendapatkan ide mau membuat yang mana? Silahkan mencoba!

 

Anda mungkin menyukai:

Suka Artikel Ini?

Dapatkan tips, catatan buku dan kumpulan artikel menarik yang hanya saya bagikan ke peserta buletin.

foto daud

Daud Wihardi

Daud Wihardi adalah salah satu pendiri konsultan IT di Edavos. Seorang yang tertarik dengan online marketing, dunia bisnis dan smartphone fotografi.