Think and Grow Rich by Napoleon Hill

buku think and grow rich

Think and Grow Rich
Pengarang: Napoleon Hill
Tebal: 320 halaman
Rekomendasi: 4/5

Baca lebih lanjut di Amazon untuk detail dan ulasan.

Pesan Utama 

Buku Think and Grow Rich membahas tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam hidup. Buku terlaris sepanjang masa ini menguraikan langkah-langkah untuk menggali potensi diri.

Fokus pada membangun kepercayaan diri individu dan menetapkan tujuan yang jelas. Setiap bab membahas prinsip penulis untuk mencapai kehidupan yang bermakna dan produktif.

Penulis menyatakan bahwa dengan fokus pada keinginan yang kuat. Yakin pada diri sendiri, melatih alam bawah sadar untuk percaya pada kesuksesan. Kemudian kembangkan rencana yang terperinci, siapapun dapat menjadi kaya.

Mengapa Keinginan Sangat Penting?

Buku ini dimulai dengan prinsip paling penting dari penulis, yaitu keinginan. Keinginan di sini bukan berarti menginginkan sesuatu yang tidak ada.

Keinginan di sini berarti hasrat yang sangat kuat, sehingga mendorong seseorang untuk bertindak. Keinginan harus sangat terdefinisi dengan jelas. Kalau tidak bisa jadi hanya menjadi pikiran yang tidak lebih dari sekadar keinginan.

Keinginan harus memiliki batas waktu. Keinginan dapat barang atau jasa tertentu yang akan dihasilkan dari pencapaian tujuan tersebut.

Misalnya, jika menginginkan kekayaan, mulailah dengan menentukan jumlah uang yang diinginkan secara eksak. Apa yang dapat diberikan sebagai imbalannya.

Tetapkan tanggal tertentu untuk mencapai tujuan tersebut dan buatlah rencana. Tuliskan hal ini dalam pernyataan yang jelas dan bacakan dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari.

Rencana ini harus direvisi secara berkala untuk mengingatkan diri sendiri.

Pentingnya Keyakinan

Penting untuk memiliki keyakinan bahwa keinginan ini akan terwujud. Mempercayai hal negatif akan membuat alam bawah sadar menerjemahkan menjadi kenyataan. Sehingga akan merusak tujuan akhir.

Sebaliknya, seseorang harus bertindak seolah-olah keinginan tersebut sudah tercapai. Dan secara konstan membayangkan kesuksesan tersebut.

Ulangi tujuan yang telah ditetapkan secara teratur dan itu akan mulai terasa benar. Pikiran harus disaring dari segala hal yang membatasi diri. Gantikan dengan pikiran yang memperkuat atau positif.

“Apapun yang dipikirkan dan diyakini oleh pikiran, itu dapat dicapai.”

Pengaruh Autosugesti

Autosugesti adalah teknik yang digunakan oleh penulis untuk melatih pikiran bawah sadar. Melatih agar percaya bahwa kita pantas untuk sukses.

Bacakan rencana tindakan tersebut dua kali sehari dengan lantang dan visualisasikan. Jika keinginan Anda mendapatkan sejumlah uang tertentu. Coba bayangkan jumlah tersebut dan jelaskan bagaimana hal tersebut akan dicapai.

Bacakan rencana ini secara rutin untuk menghafalkan semua poin-poinnya. Hal ini merupakan bentuk meditasi melalui pengulangan yang terus menerus.

Tiga langkah pertama ini adalah inti dari pendekatan Napoleon Hill. Keinginan, keyakinan (pada diri sendiri), dan melatih pikiran bawah sadar.

Prinsip-prinsip pada bab-bab selanjutnya pada dasarnya adalah untuk menerapkan ketiga langkah ini.

“Jika Anda tidak bisa melihat kekayaan yang besar dalam imajinasi Anda. Maka Anda tidak akan pernah melihatnya di saldo bank Anda.”

Pentingnya Pengetahuan Khusus

Penulis menyatakan bahwa tidak ada yang menjadi kaya hanya dengan pengetahuan umum. Untuk menjadi kaya, seseorang harus fokus pada pengetahuan khusus. Pengetahuan ini yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

Dalam bahasa modern, ini berarti mengembangkan keahlian tertentu. Tentukan jenis pengetahuan khusus yang diperlukan untuk mencapai keinginan yang ditetapkan. Cari pengetahuan tersebut. Ini bisa berupa pendidikan lanjutan atau pengalaman.

Atau, ini bisa berarti mengelilingi diri dengan individu yang memiliki pengetahuan yang relevan.  Dimana mereka dapat memberikan saran sesuai kebutuhan.

Namun, hanya mendapatkan pengetahuan saja tidak cukup. Penting juga untuk menerapkan pengetahuan khusus tersebut untuk mencapai kesuksesan.

Pentingnya Imajinasi

Penulis menekankan pentingnya menambahkan imajinasi pada pengetahuan untuk menjadi kaya. Ia membedakan dua jenis imajinasi:

  • Imajinasi sintetis mengambil ide, rencana, atau konsep yang sudah ada. Kemudian menggabungkannya menjadi kombinasi yang baru.
  • Imajinasi kreatif, di sisi lain, menciptakan sesuatu yang baru dari ketiadaan.

“Telah dikatakan bahwa manusia dapat menciptakan apa pun yang bisa ia bayangkan.”

Perencanaan Terorganisir

Kesuksesan membutuhkan rencana yang konkret dan kerja sama dengan orang lain untuk mewujudkannya. Perencanaan ini harus berkelanjutan dan tekun. Perencanaan harus mencakup evaluasi tahunan terhadap kemajuan yang telah dicapai.

“Anda terlibat dalam suatu usaha yang sangat penting bagi Anda. Untuk memastikan keberhasilan, Anda harus memiliki rencana  yang baik.”

Penulis juga membedakan antara pemimpin dan pengikut. Untuk sukses, rencana harus mencakup menjadi seorang pemimpin.  Pemimpin seseorang yang memiliki keberanian, kendali diri, rasa keadilan yang kuat. Pemimpin juga membuat keputusan yang tegas.

Seorang pemimpin juga memiliki kebiasaan untuk melakukan lebih dari yang dibayar. Dia bersedia untuk bekerja sama dan bertanggung jawab.

Keputusan

Tanpa kecuali, semua orang sukses membuat keputusan dengan cepat. Ini tidak berarti pengambilan keputusan impulsif semata-mata demi kepemimpinan.

Sebaliknya, kemampuan mengambil keputusan dengan cepat berasal dari mengetahui apa yang Anda inginkan. Kemampuan ini yang menentukan seorang pemimpin.

Penulis memperingatkan agar tidak melibatkan terlalu banyak orang dalam proses pengambilan keputusan. Karena mereka dapat memberikan pengaruh yang terlalu besar. Kemungkinan juga tidak berbagi visi akhir yang sama.

Setelah diambil, keputusan hanya boleh diubah dengan perlahan. Orang sukses sangat yakin dengan keputusan mereka, menjadikannya konkret, dan melaksanakannya sampai akhir.

“Dunia cenderung memberikan kesempatan kepada orang yang dapat mengkomunikasikan dengan jelas tujuan mereka melalui kata-kata dan tindakan mereka.”

Ketekunan

Penulis mengatakan bahwa dalam banyak kasus yang dia teliti, ketekunan adalah faktor utama. Faktor utama ini yang membedakan antara kesuksesan dan kegagalan.

Banyak orang menyerah setelah menghadapi rintangan. Sedangkan kesuksesan membutuhkan kemauan untuk tetap bertahan selama yang diperlukan.

Penulis menggambarkan ketekunan sebagai sebuah sikap. Sikap yang harus dibangun dan diterapkan pada semua prinsip dalam buku ini. Tanpa ini Anda tidak bisa menjadi kaya.

Keajaiban dari Pikiran Bawah Sadar dan Otak

Pikiran bawah sadar sangat kuat dan selalu aktif. Oleh karena itu, penting untuk mengisinya dengan gambaran, pikiran, dan emosi  positif, bukan negatif. Rasa takut tidak sesuai dengan prinsip keyakinan dan akan merusak kepercayaan diri.

Penulis memiliki teori yang agak aneh tentang pikiran dunia kolektif. Sesuatu yang setiap individu dapat terhubung dan menerima gambaran dari orang lain. Dia juga memiliki saran praktis untuk rutinitas harian dalam membayangkan keberhasilan.

Saat bangun tidur dan sebelum tidur, latih pikiran bawah sadar untuk fokus pada hal-hal positif. Melakukan ini memungkinkan pikiran bawah sadar mengirimkan percikan inspirasi, pesan kepada pikiran sadar.

Indra Keenam

Penulis menggambarkan Indra Keenam sebagai “Pikiran bawah sadar yang mempunyai Imajinasi Kreatif.” Meskipun disampaikan dalam bahasa agak mistis tentang ‘Pikiran Universal’ dan ‘Kecerdasan Tidak Terbatas’.

Penulis sebenarnya membicarakan tentang intuisi atau firasat.

Untuk meningkatkan kekuatan Indra Keenam, langkahnya adalah mengembangkan keinginan yang kuat. Anda perlu mempercayai hasilnya, dan mengisi pikiran bawah sadar dengan pemikiran positif. Anda juga perlu menjaga rencana yang terperinci untuk mencapai kesuksesan.

Kesimpulan

Meskipun beberapa konsep penulis mungkin terdengar aneh bagi pembaca modern. Penekanannya pada pikiran bawah sadar apalagi pada saat zaman penulis. Beberapa nasehat berharga tentang cara menjadi sukses:

  • Keberhasilan dimulai dengan kemauan seseorang. Semuanya terletak pada keadaan pikiran.
  • Anda harus yakin pada diri sendiri sebelum Anda dapat menjadi sukses.
  • Orang yang menang adalah orang yang berpikir bahwa dia bisa!

Suka Catatan Buku Ini?

Dapatkan catatan terbaru langsung ke Inbox Anda dengan bergabung dalam buletin rekomendasi bacaan.

penulis foto

Daud Wihardi

Daud Wihardi adalah co-founder dari konsultan IT di Edavos. Seorang yang tertarik dengan digital marketing, dunia bisnis dan trading saham.

Share:

Tinggalkan komentar